OKSIGEN

Oksigen sangat di perlukan bagi tubuh, baik itu manusia, hewan, dan juga mahluk lainnya.  Ketika manusia baru dilahirkan, pernafasannya masih sempurna, yaitu dari dada, diafragma, sampai perut bagian bawah, sehingga suplai oksigen keseluruh tubuh sangat mencukupi, dan hal tersebut terjadi secara alami, tanpa mengatur pernafasan.

Seiring dengan bertambahnya umur, pikiran semakin bertambah banyak, ketegangan di syaraf – syaraf otak yang juga mempengaruhi syaraf – syaraf tubuh lainnya mulai sering terjadi akibat pikiran yang sering bergejolak.

Ketika manusia memendam keinginan akan ada syaraf otak yang tegang tanpa di sadarinya, ketika emosi, depresi, dan juga jatuh cinta, atau bentuk emosi lainnya, juga menyebabkan ketegangan  pada syaraf – syaraf tertentu pada otak, dan hal itu jarang di sadari.

Ketegangan yang terjadi di syaraf otak akan mempengaruhi otot – otot diafragma, otot pernafasan dan juga juga akan mempengaruhi syaraf organ tubuh lainnya.

Keadaan seperti ini akan menyebabkan pola pernafasan menjadi tidak teraturdan pernafasan menjadi lebih pendek, sehingga suplai oksigen ke seluruh tubuh menjadi berkurang.

Semua sel tubuh membutuhkan suplai oksigen yang cukup  agar tetap hidup dan beregenerasi.  Oksigen itu di salurkan keseluruh sel tubuh lewat darah.

Ketika sel selalu kekurangan suplai oksigen, maka sel itu akan mengalami kerusakan, sehingga fungsi organ yang bersangkutan akan mulai menurun. Sehingga orang yang nafasnya pendek dan tidak teratur mudah mengalami penyakit.

Pernafasan yang  baik adalah pernafasan yang panjang, halus, dan teratur, seperti anak bayi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s